Bangga Dengan Indonesia?


Apa yang bisa dibanggakan dengan Indonesia? Setidaknya itulah pertanyaan yang muncul ketika aku menyaksiakan orang lain dengan kepercayaan dirinya mengungkapkan betapa bangganya ia menjadi orang Indonesia.

Tanah yang subur, lautan yang luas dan memiliki ribuan pulau merupakan kalimat yang sering di Ucapakan dan diulangi untuk meyakinkan diri atas kebanggaan terhadap Indonesia.
Memang benar adanya Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun pada kenyataannya Orang luarlah yang menikmati sumber daya alam tersebut, sedangkan kita hanyalah sebagai pihak yang menanggung beban atas dampak penggalian sumber daya alam tersebut. Bahkan yang parahnya lagi kita, hanya mampu menjadi pelayan dirumah kita sendiri, “Menyediakan dan menyiapkan lahan untuk berburu bagi bangsa asing”.

Pernah aku dapatkan  jawaban “aku bangga dengan Indonesia karena aku anak Indonesia”. Meskipun jawaban ini mengingatkanku pada sebuah lagu anak-anak, namun jawaban tersebut tidak mampu menjawab pertanyaan “kenapa KITA harus bangga dengan Indonesia”.
Selain itu ada juga jawaban “aku bangga dengan Indonesia karena aku lahir dan dibesarkan di Indonesia”. Percayalah, Ketika kamu lahir dan dibesarkan digurun pasir, kamu akan mengatakan hal yang sama.

Lalu apa yang membuat Indonesia berbeda dengan Negara lainnya yang dimana perbedaan itu menjadi suatu kebanggaan bagi kita bangsa Indonesia?
Keanekaragaman Sukunya? Ragam bahasa daerahnya? Ya, bisa jadi.

Berbeda-beda namun tetap satu, itulah makna Bhinneka Tunggal Ika yang tertulis dibawah Burung Garuda Pancasila. Indonesia   disatukan   dalam   pepatah  Bhinneka   Tunggal  Ika,  karena dulu beberapa daerah Di Indonesia pernah sama-sama   dijajah   para   kapitalis Belanda/pedagang   Belanda dan Inggris.

Sedikit menyinggung sejarah Kemerdekaan Indonesia, dahulu kala karena tidak terima dengan penjajahan, bangsa Indonesia melawan dengan menggunakan Bambu Runcing. Jika dipikir-pikir bambu runcing ditambah Ilmu kanuragan (kini dikenal dengan istilah tenaga dalam dalam dunia persilatan) melawan senjata api dan meriam serta pasukan terlatih dari bangsa penjajah berapa persen kemungkinan Indonesia Menang? Dapat dipastikan tidak terlalu besar kemungkinannya.

Singkat cerita, kemudian bangsa Indonesia menggunakan persenjataan penjajah untuk melawan penjajah dalam usaha mendapatkan kemerdekaan. Namun, pada akhirnya kemerdekaan dapat diproklamasikan ketika telah jatuh Bom atom di Jepang (Nagasaki dan Hirosima) oleh Amerika serikat yang mengakibatkan kekosongan kekuasaan Di indonesia.

Apa yang terjadi Di indonesia jika pada tahun 1945 Bom Atom tidak jatuh di Jepang?

Apakah pada saat itu Indonesia beruntung?

Apapun jawaban kalian, anggap saja hal tersebut merupakan takdir bagi bangsa ini, bangsa Indonesia.


Dalam Formalitas Kenegaraan dan Kebangsaan, Tetaplah bangga dengan Indonesia meskipun kalian tak tahu pasti alasan yang menjadikan kalian bangga.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Voicezone Blog

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger